Cara Tepat Mengaplikasikan Cat Lantai

Cara Tepat Mengaplikasikan Cat Lantai – Jika Anda ingin mengaplikasikan cat di atas lantai memang bisa, tapi tidak seperti aplikator epoxy lantai profesional. Namun setidaknya Anda bisa mengetahui kiat yang harus dilakukan oleh aplikator profesional dalam menyelesaikan proyek pengerjaan lantai ini dengan sebaik mungkin. Sebaiknya Anda menggunakan jasa aplikator epoxy lantai dan memperhatikan beberapa hal agar pekerjaan selesai tepat waktu dan biaya tidak jadi membengkak.

cat lantai
cat lantai

Mempersiapkan Permukaan

Langkah 1: Persiapkan permukaan

Aplikator epoxy yang profesional bisa menjalankan prosedur persiapan substrat. Hal ini diperlukan untuk memastikan adhesi antara cat lantai dan substrat. Metode yang bisa digunakan yakni pengamplasan atau grinding. Jika lantai terkena minyak, maka harus dilakukan pembersihan kimia.

Langkah 2: Membersihkan lantai dari aneka debu

Untuk membersihkan lantai dari debu, maka gunakan vakum industri. Lantai Anda harus dibersihkan dari semua residu sebelum mulai melakukan pelapisan dengan cat primer. Jika langkah ini tidak dilakukan, maka partikel akan terperangkap dalam coating dan adhesi akan melemah secara signifikan. Semakin sedikit debu mikro di permukaan, semakin sedikit cat lantai yang akan dibutuhkan.

Melapis Primer dan Filling

Langkah 3: Melapisi lantai dengan cat primer

Pastikan dulu sebelum melapisi lantai dengan catprimer dan jangan percaya kalau lapisan primer tidak diperlukan. Padahal tujuannya tidak lain yakni untuk daya tahan yang lebih panjang. Cat lantai primer akan melapisi substrat dan menghilangkan risiko gelembung serta gas. Selain itu juga membantu mengurangi jumlah cat yang akan dibutuhkan di tahap selanjutnya.

Pengaplikasian Cat Epoxy Lantai

Langkah 4: Mengaplikasi lapisan pertama cat epoxy

Langkah berikutnya yakni mencampurkan dua komponen epoxy, yakni resin epoxy dan hardener (pengeras). Anda bisa menggunakan mixer listrik untuk mengaduk selama dua menit. Langkah ini sangat penting, sehingga jangan berhemat pada pencampuran.

Baca juga : jasa epoxy lantai jakarta, tangerang

Langkah 5: Terapkan cat epoxy dengan roller

Selanjutnya gunakan roller yang memiliki kualitas bagus, karena roller berkualitas buruk akan mudah terlepas. Anda bisa melapisinya setelah 24 jam. Kemudian keesokannya bisa perhatikan masalah yang muncul seperti lubang atau retakan. Sebaiknya tambal dulu sebelum melapisinya dengan lapisan cat lantai berikutnya. Anda juga bisa mengamplasnya dulu agar permukaannya menjadi rata.

Langkah 6: Terapkan lapisan akhir

Sebelum sampai pada lapisan akhir, Anda bisa memastikan apakah semua lubang sudah terisi. Jika terlewat, maka Anda akan mendapatkan tekstur yang jelek di hasil akhirnya. Perlu diingat kalau sebagian besar cat lantai epoxy memiliki masa pakai atau pot life sekitar 40 menit, sehingga sangat disarankan untuk mencampur satu ember sekaligus untuk pengaplikasian.

Baca Juga Artikel Lain di :  http://bloggerhook.com/

Bukan mustahil mengaplikasikan cat lantai sendiri, namun butuh keuletan dan ketelitian yang sangat tinggi. Hasil yang didapat pun tidak bisa disamakan dengan tenaga profesional. Namun jika Anda ingin mencoba juga tak ada salahnya. Coba saja!