Keuntungan Teknologi untuk Manusia

Keuntungan Teknologi untuk Manusia. Setiap perkembangan yang terjadi, sektor apa pun itu. Pasti memiliki dampak, baik positif maupun negatif. Tidak terkecuali teknologi. Banyak hal yang menguntungkan. Namun, kerugian juga muncul seiring dengan keuntungan-keuntungan yang didapat. Berikut adalah keuntungan yang kita dapatkan dengan teknologi yang maju.

keuntungan teknologi
keuntungan teknologi

Efisiensi Waktu Kerja

Dengan menggunakannya, keuntungan teknologi yang didapat adalah pekerjaan lebih mudah dan efisien. Misalnya: pembuatan proposal, dan lain-lain. Jika menggunakan tangan atau mesin ketik, diperlukan waktu lama dan keakuratan rendah. Lain jika menggunakan komputer dan printer untuk mencetaknya, pekerjaan akan lebih cepat dan akurat untuk penyusunan proposal, laporan, dan lain-lain. Untuk mengetahui pengetahuan umum lainnya Anda bisa simak di situs tutorial blog terlengkap.

Mempermudah Komunikasi

Keuntungan teknologi selanjutnya, mempermudah komunikasi. Sebelum teknologi berkembang pesat seperti sekarang, komunikasi bersifat analog. Untuk mengirim kabar kepada keluarga atau kerabat jauh harus menggunakan surat dengan waktu tempuh mencapai berhari-hari dan kadang tidak sampai di tempat yang dituju. Namun, dengan kemajuan teknologi, kita cukup mengirim SMS, e-mail, dan lain sebagainya. Dengan menggunakannya, jarak yang menjadi hambatan mampu teratasi. Perlu diingat, jika ini berlaku sama dengan orang yang akan kita kirimi pesan dan kondisi di sana. Seperti, apakah di sana ada media untuk SMS, internet untuk e-mail.

Mempermudah Administrasi

Mengerjakan administrasi tanpa teknologi mumpuni akan berjalan lambat dan membutuhkan tempat besar. Contohnya: penghitungan suara yang dilakukan oleh komisi pemilihan umum. Dalam hitungan jam saja, sudah mampu terakumulasi semua jumlah total suara. Betapa besar keuntungan teknologi dalam kehidupan kita. Bisa dibayangkan seandainya tidak ada teknologi, mungkin perlu waktu hingga berbulan-bulan untuk penghitungan secara keseluruhan.

Mempermudah Transaksi
Teknologi juga berperan dalam mobile payment alias pembayaran, transaksi. Jika sebelumnya, transaksi dilakukan secara konvensional. Maka dengan adanya teknologi, semua hal terasa mudah dan tidak perlu ribet. Seperti adanya e-banking, dan lain-lain. Dengan cara ini, tentu kedua belah pihak tidak harus bertemu secara langsung. Keuntungan teknologi  selain itu adalah efisiensi  waktu, transaksi cepat.

Baca juga : http://bloggerhook.com/smart-televisi-jadi-teknologi-pilihan/

Selain keuntungan, teknologi juga memiliki beberapa kekurangan. Di antaranya komunikasi hampa karena tidak adanya tatap temu ini. Penyalahgunaan untuk tindak kriminal dan asusila; pencurian uang, data; munculnya individualisme, ketergantungan, dan egois; manusia menjadi malas beraktifitas. Itulah beberapa keuntungan teknologi yang kita rasakan dari perkembangannya. Tentunya, kerugian pun ikut menyertainya.