Perkembangan Teknologi dari Masa ke Masa

Perkembangan Teknologi dari Masa ke Masa. Menilik perkembangan teknologi dewasa ini, sungguh sulit dibayangkan bahwa beberapa dekade lalu, masyarakat kita masih menggunakan kentongan untuk berkomunikasi, kerbau untuk membajak sawah, dan di beberapa daerah, lampu minyak sebagai penerangan di malam hari. Saat ini, hampir setiap rumah sudah teraliri listrik, orang bisa bepergian antarpulau, bahkan antarbenua dengan mudah. Bahkan, kita bisa berbicara langsung secara tatap muka dengan orang lain di belahan dunia yang berbeda. Bagaimana teknologi bisa berkembang secepat ini?

 Perkembangan teknologi
Perkembangan teknologi

Era Teknologi Sederhana

Di awal masa-masa kehidupan manusia, teknologi yang digunakan masih sangat sederhana. Bidang miring dalam bentuk batu-pisau, katrol tanpa roda, hingga penemuan roda dan pemanfaatan hewan sebagai sarana untuk mempermudah aktivitas manusia. Perkembangan teknologi ini begitu sederhana sehingga hanya membutuhkan satu atau dua komponen saja untuk membuatnya. Simak informasi terlengkapnya di situs tutorial blog terlengkap mengenai teknologi.

Era Teknologi Industri

Perkembangan teknologi semakin pesat sejak ditemukannya mesin uap oleh James Watt dari Inggris, pada pertengahan abad ke-15. Meski beberapa abad sebelumnya, mesin uap sudahlah ditemukan di laboratorium-laboratorium ilmuwan berkebangsaan Arab dan China, di era James Watt-lah mesin uap menemukan momentumnya dan benar-benar dipergunakan dalam bidang industri. Penemuan teknologi mesin uap ini mendorong industrialisasi pada berbagai bidang seperti pertanian, tekstile, manufaktur, transportasi, dan lain-lain.

Era Teknologi Informasi

Perkembangan teknologi memasuki era baru  sejak ditemukannya gelombang radio oleh Marconi. Alexander Graham Bell kemudian memperkenalkan telpon pertama di dunia dan mampu melakukan percakapan dengan orang di benua yang berbeda melewati samudera. Hingga saat ini, teknologi informasi telah melalui berbagai tahap evolusi hingga orang dari belahan dunia yang berbeda mampu melakukan percakapan secara realtime dan tatap muka, seolah-olah mereka sedang berada di tempat yang sama.

Era Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan)

Kemajuan teknologi informasi dan industri komputer, mendorong perkembangan teknologi memasuki era baru. Era ini adalah masa dimana mesin mampu memahami manusia dan melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan, permintaan, bahkan hasrat mereka. Pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan ini sedemikian luas, sehingga tidak akan mengherankan jika beberapa tahun ke depan, semua segi kehidupan manusia pasti bersentuhan dengan mesin.

Baca juga : http://bloggerhook.com/keuntungan-teknologi-untuk-manusia/

Sulit untuk memperkirakan seperti apa perkembangan teknologi  ke depannya. Beberapa hal mungkin akan hilang, beberapa mungkin akan tetap ada. Namun yang pasti, manusia sebagai subjek utama teknologi harus selalu berubah mengikuti perkembangan.