Teknologi Canggih Terinspirasi Hewan

Teknologi Canggih Terinspirasi Hewan! – Tahu perekat Velcro? Perekat ini terinspirasi dari biji buah Burdock. Lalu, pemantul cahaya jalan tol, terinspirasi dari mata kucing. Kedua teknologi ini membuktikan bahwa berkembangnya teknologi zaman, tidak lantas membuat manusia lupa untuk belajar dari alam. Yaitu hewan dan tumbuhan. Bukan hanya kegunaan, ilmu meniru alam (biomimetik) kini menjadi industri digandrungi dan mampu bernilai miliaran dolar.

Teknologi canggih terinspirasi hewan
Teknologi canggih terinspirasi hewan

Tidak percaya jika di sekitar kita terdapat teknologi canggih meniru alam liar? Baiklah, saya sudah merangkumnya menjadi beberapa contoh teknologi canggih terinspirasi hewan. Untuk informasi terkini dan terlengkapnya mengenai teknologi canggih lainnya Anda bisa simak di tutorial blog untuk pengetahuan lebih lengkap.

Berikut adalah daftar dari pengetahuan teknologi canggih terinspirasi hewan :

Pesawat—Rem Udara

Pernah terbayang nggak kalau industri penerbangan tanpa rem udara? Apa jadinya pesawat tanpa rem? Sistem teknologi canggih terinspirasi hewan, burung. Rem udara terinspirasi dari sayapnya yang memiliki dua lapisan bulu yang berfungsi untuk terbang dan menghangatkan tubuh. Bulu yang paling penting di bagian tengahnya atau alula. Bulu ini menutupi sayap yang berfungsi seperti jempol manusia, bisa diatur oleh burung dengan membuka ruang kecil yang mampu membuat burung lebih stabil saat mendarat atau memperlambat laju kecepatan terbang.

GPS, Kompas

Masih terinspirasi dari burung. Teknologi canggih terinspirasi hewan berikutnya adalah GPS dan Kompas. Maps dan segala jenis GPS lainnya membantu kita semua untuk tidak tersesat, ternyata burung telah memilikinya sebelum manusia mengetahui. Seperti yang dipelajari di sekolah, burung melakukan migrasi dari satu tempat ke tempat lain tanpa tersesat atau salah arah dan dilakukan bertahun-tahun. Menakjubkan bukan mengingat burung tidak memiliki gadget yang mampu menunjukkan rute perjalanan. Hal ini masih menjadi misteri bagi para peneliti, bagaimana bisa burung bermigrasi secara presisi. Ada berbagai penjelasan untuk hal ini, dimulai dari posisi matahari, bintang-bintang, dan indera penciuman mereka. Peneliti menganggap bahwa burung mengandalkan sensor magnet layaknya kompas yang juga dimiliki rubah.

Baca juga : http://bloggerhook.com/teknologi-pembuatan-tampilan-telegram/

Itulah contoh teknologi canggih terinspirasi hewan yang berada di sekitar kita, bahkan sangat akrab. Namun, tak jarang kita tahu bahwa teknologi tersebut tercipta dari alam yang lantas dimodifikasi untuk perkembangan industri. Sebaik-baik manusia membuat sistem, tetaplah alam yang terbaik.